Jumat, 07 Juli 2017

Cara mengelola Foto Digital

Cara mengelola Foto Digital
Dahulu waktu masih bekerja sebagai TU sekolah, saya banyak koleksi photo. Dan berikut ini Sekedar berbagi trik mengelola foto.
Foto biasanya sudah ada nomor urutnya secara otomatis, tapi akan lebih bagus kalau nama foto dapat mencerminkan kejadian pada saat itu. Sebagai contoh ada file dengan nama DCP00001.JPG, DCP00002.JPG, DCP00003.JPG dst. tentang foto outbond tanggal 21 Nov 2007, maka sebaiknya kita tempatkan pada folder 20070121_Outbond_kelas5, kemudian filenya juga diberi nama 20070121_Outbond_kelas5_DCP00001.JPG dst. dengan memberi nama folder dan file seperti itu maka dapat memudahkan kita dalam mencari karena urut per tanggal.
Wali murid ada yang menanyakan foto anak2nya, tapi juga ada yang cuek dan tidak menanyakan foto kegiatan anak2nya disekolah. Alangkah baiknya jika foto dapat dipajang disebuah komputer dan diputar secara random, sehingga mudah dilihat jika ada wali murid yang kebetulan lewat dan ingin memiliki foto, maka kita dapat memberikan dengan mudah karena foto2nya sudah diberi nama dengan baik.
Untuk memajang foto2 tersebut saya membuat sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7. Berikut ini saya upload softwarenya yang diberi nama ABplayer, monggo silahkan didownload.
Software ABplayer ini disertakan kodenya jadi Anda boleh mengedit dengan bebas, disesuaikan kebutuhan Anda sendiri. GRATIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar